Salah satu jenis jasa yang tidak dikenai PPN adalah jasa di bidang tenaga kerja (Pasal 4A ayat (3) huruf k UU PPN). Penjelasan ketentuan di atas memberikan gambaran bahwa jasa tenaga kerja meliputi:

  • jasa tenaga kerja;
  • jasa penyediaan tenaga kerja sepanjang pengusaha penyedia tenaga kerja tidak bertanggung jawab atas hasil kerja dari tenaga kerja tersebut; dan
  • jasa penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja

Penjelasan lebih detail tentang jasa tenaga kerja yang tidak dikenai PPN ini pernah dimuat dalam SE-05/PJ.53/2003 tentang Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Jasa di Bidang Tenaga Kerja. Materi dalam Surat Edaran ini kemudian diangkat dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK.03/2012 tentang Kriteria dan/atau Rincian Jasa Tenaga Kerja Yang Tidak Dikenai Pajak Pertambahan Nilai. Peraturan ini merupakan amanat dari Pasal 7 ayat (2) PP Nomor 1 Tahun 2012 yang terbit tanggal 6 Juni 2012 dan berlaku 1 Juli 2012.

Berikut ini adalah saya tuliskan kembali materi dalam peraturan tersebut supaya dapat dipahami.

Jasa Tenaga Kerja

Jenis jasa di bidang tenaga kerja pertama yang tidak dikenai PPN adalah jasa tenaga kerja. Jasa tenaga kerja adalah jasa yang diserahkan oleh tenaga kerja kepada pengguna jasa tenaga kerja dengan kriteria sebagai berikut:

  • tenaga kerja tersebut menerima imbalan dalam bentuk gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan sejenisnya; dan
  • tenaga kerja tersebut bertanggung jawab langsung kepada pengguna jasa tenaga kerja atas jasa tenaga kerja yang diserahkannya.

Sebagai gambaran bisa saya contohkan sebagai berikut. Tuan Ali bekerja sebagai staff IT pada PT Pintech. Sebagai imbalannya PT Pintech membayarkan gaji kepada Tuan Ali setiap Bulan. Tuan Ali bertanggung jawab atas pekerjaannya kepada PT Pintech. Nah, jasa yang diberikan oleh Tuan Ali kepada PT Pintech, adalah jasa yang tidak dikenai PPN.

Jasa Penyediaan Tenaga Kerja

Jenis jasa di bidang tenaga kerja kedua yang tidak dikenai PPN ada jasa penyediaan tenaga kerja. Jasa ini adalah jasa untuk menyediakan tenaga kerja oleh pengusaha penyedia tenaga kerja kepada pengguna jasa tenaga kerja.

Jasa penyediaan tenaga kerja ini dapat meliputi kegiatan perekrutan, pendidikan, pelatihan, pemagangan,dan/atau penempatan tenaga kerja, yang kegiatannya dilakukan dalam satu kesatuan dengan penyerahan jasa penyediaan tenaga kerja.

Supaya jasa penyediaan tenaga kerja ini tidak dikenai PPN, maka jasa tersebut harus memenuhi semua kriteria di bawah ini :

  • pengusaha penyedia jasa tenaga kerja tersebut semata-mata hanya menyerahkan jasa penyediaan tenaga kerja, yang tidak terkait dengan pemberian Jasa Kena Pajak lainnya, seperti jasa teknik, jasa manajemen, jasa konsultasi, jasa pengurusan perusahaan, jasa bongkar muat, dan/atau jasa lainnya;
  • pengusaha penyedia tenaga kerja tidak melakukan pembayaran gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan/atau sejenisnya kepada tenaga kerja yang disediakan;
  • pengusaha penyedia tenaga kerja tidak bertanggung jawab atas hasil kerja tenaga kerja yang disediakan setelah diserahkan kepada pengguna jasa tenaga kerja; dan
  • tenaga kerja yang disediakan masuk dalam struktur kepegawaian pengguna jasa tenaga kerja.

Apabila salah satu saja kriteria tersebut terpenuhi maka jasa penyediaan tenaga kerja tetap dikenai PPN. Dengan demikian, jasa outsourcing yang biasa kita kenal di mana pengusaha jasa outsourcing yang tetap membayarkan gaji kepada pegawainya, tetap dikenai PPN.

Berikut saya ilustrasikan jasa penyediaan tenaga kerja yang tidak dikenai PPN. CV ABC adalah perusahaan yang menyediakan tenaga kerja pembantu rumah tangga. Kegiatan utama yang dilakukan CV ABC adalah melakukan perekrutan dan pelatihan pembantu rumah tangga. Pengguna jasa akan memberikan imbalan jasa untuk mendapatkan pembantu rumah tangga dari CV ABC. Setelah transaksi tersebut, pembantu rumah tangga akan menjadi pegawai dari pengguna jasa dan CV ABC tidak bertanggung jawab atas hasil pekerjaan pembantu rumah tangga.

Jasa Penyelenggaraan Pelatihan Tenaga Kerja

Terakhir, jasa di bidang tenaga kerja yang tidak dikenai PPN adalah jasa penyelenggaraan pelatihan tenaga kerja. Jasa ini adalah jasa penyelenggaraan pelatihan tenaga kerja yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan kerja yang telah memperoleh izin atau terdaftar di instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan.

Termasuk dalam pengertian jasa penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja adalah kegiatan pemagangan yang dilakukan dalam satu kesatuan dengan penyerahan jasa penyelenggaraan pelatihan bagi tenaga kerja.